JAMBURA JURNAL ILMU KOMUNIKASI https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi <p><strong>Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi E-ISSN 3026-2380</strong> mengundang para dosen, mahasiswa, akademisi, maupun praktisi di bidang komunikasi untuk mempublikasikan artikel ilmiah yang berkaitan dengan Ilmu Komunikasi. <strong>Jambura Jurnal Ilmu Komunikasi</strong> terbit selama dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November<br />Adapun fokus dari jurnal ini antara lain:</p> <p>1) Komunikasi massa dan jurnalistik<br />2) Kebijakan media<br />3) Hubungan masyarakat (public relations)<br />4) Media massa dan perubahan sosial<br />5) Media massa dan budaya popular<br />6) Komunikasi strategis<br />7) Kajian lain yang masih berkaitan dengan Ilmu Komunikasi</p> <p>Naskah diterbitkan melalui proses peer-review terlebih dahulu. Pada proses tersebut, naskah akan diseleksi terlebih dahulu sesuai dengan focus and scope yang telah ditentukan. Setelah diseleksi pada proses tersebut, selanjutnya naskah akan diserahkan kepada editor untuk dikoreksi dari sudut pandang substansi.<br />Pertanyaan, kritik, dan saran dapat ditanyakan pada alamat email : jpeneilkom@ung.ac.id</p> <p><strong>Alamat : JURUSAN</strong><strong> KOMUNIKASI </strong>Jalan Jenderal Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, 96128</p> <p>Kontak : Telepon (0435) 821125 Fax (0435) 821752 Nomor HP 085246097267</p> en-US Tue, 03 Sep 2024 06:47:22 +0000 OJS 3.3.0.12 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Komunikasi Ritual Pada Tradisi Tumbilotohe Di Gorontalo (Studi Fenomenologi Pelaksanaan Tumbilotohe Di Kelurahan Ipilo) https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/104 <p>The Tumbilotohe tradition in Gorontalo, which serves as a cultural identity for the community, has changed with the shift from traditional bottle lamps to modern electric lights. This transition has sparked debates regarding its impact on the meaning and sacredbess of the tradition.The findings indicate that ritual communication in the tumbilotohe tradition is vital for preserving the tradition’s meaning amids changes, such as adopting modern decorative lights. The role of traditions leaders in harmonizing the understanding between organizers and the community is crucial to ensuring that the essense and intergrity of the tumbilothe tradition are maintained despite these changes.</p> Reffli Deu, Citra F.I.L Dano Putri, Abdul wahab Thomas Copyright (c) 2024 https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/104 Thu, 29 Aug 2024 00:00:00 +0000 Dimensi Iklim Komunikasi Pada Organisasi Non-Profit (Studi Deskriptif Pada Federasi Dancesport dan Breaking Seluruh Indonesia (FDBI) Cabang Provinsi Gorontalo) https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/105 <p>Iklim komunikasi organisasi merupakan sebuah cerminan keadaan yang menunjukan karakteristik, kondisi, dan kualitas pelaksanaan komunikasi di lingkungan organisasi yang merujuk pada sikap dan tindakan anggota, yang berarti kualitas iklim komunikasi pada sebuah organisasi akan selaras dengan produktifitas anggota. Pada penelitian ini akan dikaji bagaimana kualitas iklim komunikasi organisasi pada salah satu organisasi non-profit yang ada di Provinsi Gorontalo yaitu Federasi Dancesport dan Breaking Seluruh Indonesia (FDBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas iklim komunikasi pada organisasi non-profit serta apa saja faktor yang memengaruhi kualitas iklim komunikasi tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi partisipan, wawancara terstruktur, studi pustaka, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari anggota dan pengurus inti FDBI Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa 6 dari 10 dimensi iklim komunikasi pada FDBI Provinsi Gorontalo memiliki kualitas yang cenderung mengalami dinamika yang signifikan dipengaruhi oleh faktor internal seperti visi-misi, kepemimpinan, kebijakan, budaya organisasi, perilaku anggota, dan teknologi, serta faktor eksternal seperti arus demokratisasi, ekonomi, dan politik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas iklim komunikasi pada FDBI Provinsi Gorontalo berada dalam kondisi yang kurang baik selama jangka waktu penelitian.</p> Muhammad Aldrin Riofani Toana, Citra F. I. L. Dano Putri, Siti Mayasari Pakaya Copyright (c) 2024 https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/105 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERENCANAAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PENGGUNAAN APLIKASI PLN MOBILE (Studi Kasus PT PLN (Persero) UP3 Makassar Selatan ULP Panakkukang) https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/106 <p>PT PLN (Persero) terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan melalui pengembangan aplikasi PLN Mobile, yang memudahkan akses layanan listrik seperti pembayaran tagihan dan pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perencanaan komunikasi dalam upaya meningkatkan penggunaan aplikasi PLN Mobile di PT PLN (Persero) UP3 Makassar Selatan ULP Panakkukang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan komunikasi yang diterapkan untuk meningkatkan penggunaan aplikasi PLN Mobile di lokasi tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi di PT PLN (Persero) UP3 Makassar Selatan ULP Panakkukang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengidentifikasi perencanaan komunikasi yang mencakup aspek strategik, operasional, kerja, dan pendukung. Perencanaan strategik melibatkan analisis komunikator, komunikan, pesan, dan media, dengan fokus pada kebijakan komunikasi dan arahan tim Customer Experience UID SULSELRABAR. Perencanaan operasional mencakup langkah-langkah infrastruktur dan program komunikasi yang melibatkan kolaborasi tim Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan. Perencanaan kerja merinci tugas-tugas operasional, termasuk jadwal konten dan evaluasi kinerja. Perencanaan pendukung membahas faktor-faktor pendukung seperti teknologi modern dan media sosial, serta penghambat seperti hambatan psikologis, teknis, dan semantik. Penelitian ini menekankan pentingnya perencanaan komunikasi yang terstruktur untuk meningkatkan penggunaan aplikasi PLN Mobile, dengan mempertimbangkan faktor pendukung dan penghambat yang ada. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan komunikasi yang baik dapat membantu dalam mengatasi hambatan dan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan adopsi aplikasi PLN Mobile.</p> Sakina Tuzahra, Syukri, Ahmad Syarif Copyright (c) 2024 https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/106 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000 Perancangan Media Kampanye Sosial mengenai Pencegahan Tindak Kekerasan Pengeroyokan Terhadap Supporter Sepak Bola https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/107 <p>Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, sehingga permasalahan sosial di Indonesia tidak lepas dari aspek demografi. Selain itu, penduduk Indonesia dari banyak suku, adat istiadat serta budaya yang sangat berbeda. Karena perbedaan yang begitu beragam, permasalahan sosial tidak dapat dihindarkan. Fenomena ini memerlukan perhatian serius dan upaya efektif melalui media kampanye sosial contohnya Ricko, korban salah sasaran pengeroyokan oleh sesama bobotoh dalam laga Persib kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang menjadi korban pengeroyokan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media kampanye sosial yang efektif dalam menyampaikan pesan mengenai bahaya dan dampak negatif dari tindakan kekerasan pengeroyokan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan komunikasi visual yang mempertimbangkan strategi komunikasi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share), Konsep Pesan, dan Strategi Kreatif. Melalui media kampanye ini, pesan yang dihadirkan dapat menghindari tindakan kekerasan dan memilih penyelesaian konflik secara damai. Maka dari itu media kampanye ini dirancang dengan baik sehingga menjadi alat yang efektif dalam mengurangi angka kekerasan pengeroyokan dan memilih jalan damai dalam penyelasaian masalah.</p> Wira Pratama Rumambie, Muhammad Akram Mursalim, Abdul Wahab Thomas Copyright (c) 2024 https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/107 Mon, 02 Sep 2024 00:00:00 +0000 Kriminalitas dan Pembentukan Identitas Sosial Geng Motor https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/108 <p><em>This study aims to explore a number of empirical data in order to analyze the phenomenon of crime and the process of forming the social identity of motorcycle gangs as socio-psychological and socio-cultural symptoms in the current landscape of youth crime. This type of qualitative research with a constructivist paradigm with a socio-psychological and socio-cultural approach found a number of facts, that the phenomenon of motorcycle gangs—whose members are mostly inhabited by gen z</em><em>’</em><em> (teenagers aged 15-23 years)—has long experienced a shift in orientation/</em> <em>behavior as a result of the influence of the internal and external environment. This shift has resulted in a number of symbolic constructions where motorcycle gangs are perceived as entities that create chaos, initiate violence, commit crimes, spread antisocial attitudes, and seek sensation. Study findings: there are theoretical difficulties in finding a positive self-concept in the majority of motorcycle gang members whose orientation and behavior (empirically) have been </em><em>infected by symbols of intolerant and antisocial group identities; and suffer from traumatic symptoms, psychosis, phobias, schizophrenia, bipolar, and obsessive compulsive disorder.</em></p> <p>&nbsp;</p> Bambang Mudjiyanto, Launa, Hayu Lusianawati Copyright (c) 2024 https://jik.fis.ung.ac.id/index.php/Komunikasi/article/view/108 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000