Dimensi Iklim Komunikasi Pada Organisasi Non-Profit (Studi Deskriptif Pada Federasi Dancesport dan Breaking Seluruh Indonesia (FDBI) Cabang Provinsi Gorontalo)

Authors

  • Muhammad Aldrin Riofani Toana Universitas Negeri Gorontalo
  • Citra F. I. L. Dano Putri Universitas Negeri Gorontalo
  • Siti Mayasari Pakaya Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.37905/jik.v2i2.105

Keywords:

Komunikasi organisasi;, Iklim komunikasi, Organisasi non-profit.

Abstract

Iklim komunikasi organisasi merupakan sebuah cerminan keadaan yang menunjukan karakteristik, kondisi, dan kualitas pelaksanaan komunikasi di lingkungan organisasi yang merujuk pada sikap dan tindakan anggota, yang berarti kualitas iklim komunikasi pada sebuah organisasi akan selaras dengan produktifitas anggota. Pada penelitian ini akan dikaji bagaimana kualitas iklim komunikasi organisasi pada salah satu organisasi non-profit yang ada di Provinsi Gorontalo yaitu Federasi Dancesport dan Breaking Seluruh Indonesia (FDBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas iklim komunikasi pada organisasi non-profit serta apa saja faktor yang memengaruhi kualitas iklim komunikasi tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan observasi partisipan, wawancara terstruktur, studi pustaka, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari anggota dan pengurus inti FDBI Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian menunjukan bahwa 6 dari 10 dimensi iklim komunikasi pada FDBI Provinsi Gorontalo memiliki kualitas yang cenderung mengalami dinamika yang signifikan dipengaruhi oleh faktor internal seperti visi-misi, kepemimpinan, kebijakan, budaya organisasi, perilaku anggota, dan teknologi, serta faktor eksternal seperti arus demokratisasi, ekonomi, dan politik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas iklim komunikasi pada FDBI Provinsi Gorontalo berada dalam kondisi yang kurang baik selama jangka waktu penelitian.

Downloads

Published

2024-08-31