Perancangan Media Kampanye Sosial mengenai Pencegahan Tindak Kekerasan Pengeroyokan Terhadap Supporter Sepak Bola
DOI:
https://doi.org/10.37905/jik.v2i2.107Keywords:
AISAS, Fenomena, Kreatif, Kampanye, EfektifAbstract
Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, sehingga permasalahan sosial di Indonesia tidak lepas dari aspek demografi. Selain itu, penduduk Indonesia dari banyak suku, adat istiadat serta budaya yang sangat berbeda. Karena perbedaan yang begitu beragam, permasalahan sosial tidak dapat dihindarkan. Fenomena ini memerlukan perhatian serius dan upaya efektif melalui media kampanye sosial contohnya Ricko, korban salah sasaran pengeroyokan oleh sesama bobotoh dalam laga Persib kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang menjadi korban pengeroyokan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media kampanye sosial yang efektif dalam menyampaikan pesan mengenai bahaya dan dampak negatif dari tindakan kekerasan pengeroyokan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan komunikasi visual yang mempertimbangkan strategi komunikasi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share), Konsep Pesan, dan Strategi Kreatif. Melalui media kampanye ini, pesan yang dihadirkan dapat menghindari tindakan kekerasan dan memilih penyelesaian konflik secara damai. Maka dari itu media kampanye ini dirancang dengan baik sehingga menjadi alat yang efektif dalam mengurangi angka kekerasan pengeroyokan dan memilih jalan damai dalam penyelasaian masalah.