Persepsi Diaspora Indonesia Terhadap Komunikasi Merek Kota Dubai Melalui Akun Instagram @Visit.Dubai
DOI:
https://doi.org/10.37905/jik.v3i1.120Keywords:
Komunikasi Merek, Branding, Brand Image, Brand Strength, Persepsi.Abstract
Kota Dubai dalam satu dekade terakhir telah menjadi pusat perhatian global sebagai pusat bisnis, hiburan, dan pariwisata di kawasan Timur Tengah. Hal ini mendorong wisatawan internasional untuk berkunjung ke Kota Dubai. Selain wisatawan, Kota Dubai juga menarik minat diaspora dari seluruh dunia, termasuk diaspora Indonesia, untuk menetap di kota ini. Penelitian ini membahas persepsi diaspora Indonesia terhadap komunikasi merek Kota Dubai melalui akun Instagram @visit.dubai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana diaspora Indonesia mempersepsikan komunikasi merek, brand image, branding, dan brand strength Kota Dubai yang disampaikan melalui akun media sosial @visit.dubai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif analisis konten media sosial @visit.dubai dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi secara mendalam terhadap akun tersebut, Selain itu, peneliti juga menganalisis transkrip dari hasil wawancara dengan diaspora Indonesia untuk mengetahui persepsi mereka terhadap akun @visit.dubai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut persepsi diaspora Indonesia, komunikasi merek Kota Dubai melalui akun Instagram @visit.dubai sudah sangat tepat karena mampu mempresentasikan Kota Dubai sesuai realitas yang dimiliki oleh kota tersebut. Brand image Kota Dubai melalui akun @visit.dubai menurut diaspora Indonesia dinilai ikonik dan paling berkembang dibandingkan kota lain di negara Uni Emirat Arab. Branding Kota Dubai melalui media sosial juga dinilai sangat efektif karena mampu menjangkau audiens secara masif. Kekuatan merek Kota Dubai terlihat dari daya tariknya sebagai destinasi wisata yang aman dan ramah bagi umat Muslim. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu komunikasi merek, brand image, branding, dan brand strength Kota Dubai melalui akun media sosial Instagram @visit.dubai dinilai positif oleh diaspora Indonesia dan mendapat nilai 9 dari diaspora Indonesia dalam penelitian ini, mencerminkan ketertarikan diaspora Indonesia terhadap konten yang disajikan oleh akun Instagram @visit.dubai.