Implementasi Situational of The Publics pada Public Relations PT. Angkasa Pura I (Persero)

Authors

  • Elsa Hida

DOI:

https://doi.org/10.37905/jik.v1i1.36

Keywords:

Situational of The Publics, Public Relations, Angkasa Pura

Abstract

Pembangunan Bandara NYIA di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta merupakan salah satu pembangunan berskala besar. Pembangunan tersebut memang mendatangkan sisi positif, yaitu munculnya bandara internasional yang mendatangkan investor serta memudahkan perkembangan industri untuk Indonesia. Di sisi lain, terdapat dampak-dampak lain yang melibatkan sosial ekonomi dan lingkungan, sehingga keberadaan Bandara NYIA ini ibarat dua sisi mata uang. Sebagai perusahaan yang terlibat dalam pengadaan dan pembangunan Bandara NYIA ini, PT. Angkasa Pura I (Persero) seharusnya melakukan tindakan yang mencegah terjadinya perluasan dari dampak-dampak negatif tersebut. Tentunya, hal itu merupakan tugas dari public relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan untuk melihat tindakan-tindakan yang dilakukan oleh public relations di perusahaan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori situational of the public untuk menganalisis tentang persepsi, sikap, dan perilaku publik dan organisasi. Hasilnya, public relations dari PT. Angkasa Pura I (Persero) masih menunjukkan bahwa kurangnya klarifikasi serta tindakan yang dilakukan untuk mencegah dampak-dampak negatif dari segi sosial ekonomi pada masyarakat yang terdampak dari pendirian Bandara NYIA tersebut.

Downloads

Published

2023-06-17