Androgini Pada Iklan Produk Perawatan Kulit dan Tubuh

Authors

  • Stevy Dhea Frensisca Universitas Amikom
  • Rr. Pramesthi Ratnaningtyas Universitas Amikom
  • Rivga Agusta Universitas Amikom

Keywords:

Semiotika, Roland Barthes, Representasi, Androgini, Iklan

Abstract

Iklan merupakan wadah untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa melalui perantara sebuah media kepada khalayak. Untuk meningkatkan daya tarik dari iklan serta produk tersebut, banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan jasa seorang celebrity. Salah satunya, iklan MS Glow X Keanu Agl – Cakep Itu Nasib, Good Looking itu Pilihan! yang menggunakan jasa selebgram, Keanu Agl. Karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi androgini MS Glow X Keanu Agl dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan semiotika Roland Barthes sebagai pisau analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sisi androgini dari Keanu Agl dalam Iklan MS Glow direpresentasikan pada setiap adegan di dalam iklan. Terdapat empat karakter Keanu pada setiap scenenya. Keempat karakter tersebut merepresentasikan sisi androgini Keanu melalui cara berpakaian, penggunaan aksesoris pada rambut, tatanan rambut, dan kuku yang diperindah. Selain itu, bentuk tubuh tidak berpengaruh terhadap representasi androgini seseorang

Downloads

Published

2024-06-08